Tips Membuat Judul Skripsi yang Mudah Disetujui Dosen Pembimbing - Fatshaf Moonlight

Tips Membuat Judul Skripsi yang Mudah Disetujui Dosen Pembimbing

Strategi efektif mencari ide judul skripsi, kriteria judul skripsi efektif, kesalahan umum judul skripsi, dan 375 contoh judul skripsi semua jurusan

        Ada beberapa tips yang dapat membantu membuat judul skripsi yang mudah disetujui oleh dosen pembimbing. Artikel ini memberikan penjelasan strategi efektif mencari ide judul skripsi, kriteria judul skripsi efektif, kesalahan umum judul skripsi, dan 375 contoh judul skripsi semua jurusan.

        Moonlighter Mania pasti pernah mendengar cerita tentang mahasiswa yang kesulitan menentukan judul skripsinya. Beberapa bahkan sampai mengalami kebingungan dan merasa frustasi karena judul yang mereka ajukan selalu ditolak oleh dosen pembimbing. Nah, apakah Anda juga mengalami hal yang sama? Jika iya, jangan khawatir! Anda tidak sendirian. Banyak mahasiswa yang mengalami masalah serupa ketika menentukan judul skripsi. Namun, jangan biarkan hal ini membuatmu putus asa. Yuk, simak artikel Tips Membuat Judul Skripsi yang Mudah Disetujui Dosen Pembimbing lebih lanjut untuk mengetahui tips-tips tersebut.

membuat judul skripsi

Strategi Efektif dalam Mencari Ide Judul Skripsi

        Ketika memulai proses menulis skripsi, salah satu hal pertama yang harus dlakukan adalah menentukan judul skripsi yang tepat. Namun, mencari ide judul skripsi yang tepat tidak selalu mudah. Banyak mahasiswa yang kesulitan mencari ide judul skripsi yang menarik dan sesuai dengan minat mereka, sehingga akhirnya mengalami kesulitan dalam menyelesaikan skripsi.

        Beberapa strategi efektif dalam mencari ide judul skripsi yang tepat adalah sebagai berikut :

Identifikasi bidang minat dan pilih topik

        Langkah pertama dalam mencari ide judul skripsi adalah mengidentifikasi bidang minat. Pilihlah topik yang Anda disukai atau yang ingin dipelajari lebih dalam. Hal ini akan membantu menjaga motivasi dan tetap bersemangat selama menyelesaikan skripsi. Selain itu, dengan memilih topik yang disukai, akan lebih mudah menemukan ide-ide baru yang menarik.

Membaca jurnal dan artikel terkait

        Membaca jurnal dan artikel terkait dengan bidang minat dapat membantu menemukan ide judul skripsi yang menarik. Bacalah jurnal-jurnal terbaru dalam bidang dan carilah topik-topik yang menarik perhatian. Selain itu, artikel terkait dapat dibaca melalui internet atau di perpustakaan kampus. Jangan lupa untuk mencatat ide-ide yang menarik dalam catatan.

Konsultasi ide judul skripsi dengan dosen pembimbing.

        Membicarakan ide judul skripsi dengan dosen pembimbing dapat membantu menemukan ide-ide baru yang menarik. Dosen pembimbing memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang bidang ilmu sedang dipelajari, sehingga mereka dapat memberikan saran dan masukan yang berharga. Selain itu, dosen pembimbing juga dapat membantu menentukan apakah ide yang ada sudah sesuai dengan kriteria penelitian yang diinginkan

Mengikuti seminar atau konferensi

        Mengikuti seminar atau konferensi yang berkaitan dengan bidang minat dapat membantu menemukan ide judul skripsi yang menarik. Pertemuan secara langsung dengan para ahli dalam bidang ilmu yang ditekuni, mendengarkan presentasi terbaru, dan berdiskusi dengan para peserta seminar atau konferensi. Mengikuti seminar atau konferensi juga dapat memperluas jaringan dan menemukan kesempatan baru untuk bekerja sama dengan para peneliti lain.

Melakukan Observasi dan Wawancara study pendahuluan.

        Melakukan observasi dan wawancara dengan orang-orang yang ahli dalam bidang ilmu yang digeluti dapat membantu menemukan ide-ide baru yang menarik. Observasi dan wawancara dapat memberikan kesempatan baru memahami masalah-masalah yang terkait dengan bidang ilmu dan menemukan solusi yang tepat. Selain itu, observasi dan wawancara memungkinkan untuk memperoleh data dan informasi yang berguna untuk penelitian seerta dapat dijadikan salah satu dasar studi pendahuluan untuk dimasukkan ke dalam point latar belakang pada bab I di dalam skripsi.

Menjelajahi ide-ide di internet

        Menjelajahi ide-ide di internet dapat membantu menemukan ide-ide baru yang menarik, mengenali lebih dalam pemilihatn metode penelitian sesuai dengan topik yang akan dibahas pada skripsi. Internet juga menyediakan pencarian topik yang sedang tren atau membaca blog dan forum yang berkaitan dengan bidang ilmu. Memanfaatkan mesin pencari untuk mencari informasi yang lebih spesifik dan mendalam sangat mudah melalui internet, hingga eksplorasi teori dan mempelajari metode penelitian serta cara melakukan analisis data penelitian.

Baca Juga : Menghadapi Sidang Skripsi, Ini 6 Daftar Pertanyaan Rahasia Penguji

7 Kriteria Judul Skripsi efektif yang Mudah Disetujui Dosem Pembimbing

Relevan dengan bidang studi

        Judul skripsi harus relevan dengan bidang studi mahasiswa dan harus sesuai dengan minat dan kompetensi dosen pembimbing. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk memperoleh masukan dan arahan yang tepat dari dosen pembimbing.

Jelas dan spesifik

        Judul skripsi harus jelas dan spesifik dalam menjelaskan topik yang akan diangkat. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk fokus dan terarah dalam melakukan penelitian dan menghindari topik yang terlalu luas atau terlalu umum.

Original dan inovatif

        Judul skripsi harus orisinal dan inovatif dengan mengangkat topik yang belum banyak diteliti atau memberikan pendekatan baru terhadap topik yang sudah ada. Hal ini akan membuat skripsi menjadi lebih menarik dan bernilai untuk dijadikan referensi di masa depan.

Memiliki tujuan yang jelas dan nilai praktis

        Judul skripsi harus memiliki tujuan yang jelas dan terukur. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk menentukan metode penelitian yang tepat dan memudahkan evaluasi hasil penelitian. Judul skripsi juga harus memiliki nilai praktis dan relevan dengan kebutuhan masyarakat atau industri. Hal ini akan membuat skripsi lebih bermanfaat dan berguna untuk diaplikasikan di lapangan.

Memiliki kemampuan untuk diselesaikan

        Judul skripsi harus memiliki kemampuan untuk diselesaikan dalam waktu yang ditentukan atau dalam batas kemampuan mahasiswa. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk menghindari stres dan kelelahan dalam menyelesaikan skripsi.

Memiliki potensi untuk dipublikasikan

        Judul skripsi harus memiliki potensi untuk dipublikasikan di jurnal atau seminar ilmiah. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk meningkatkan reputasi dan kemampuan akademiknya.
Demikianlah 7 kriteria judul skripsi yang mudah disetujui oleh dosen pembimbing.

10 Kesalahan Umum dalam Membuat Judul Skripsi

Variabel penelitian yang digunakan terlalu umum dan tidak spesifik

        Judul skripsi yang terlalu umum atau terlalu luas akan membuat topik penelitian menjadi ambigu dan sulit untuk diarahkan. Sebaiknya, pilihlah judul yang spesifik dan jelas. Hindari memilih topik yang terlalu luas atau terlalu banyak cabang.

Topik Terlalu Sempit

        Sebaliknya, judul skripsi yang terlalu sempit atau terlalu spesifik juga perlu dihindari, karena hal ini bisa membuat penelitian menjadi terlalu terbatas dan kurang bermanfaat.

        Contoh judul skripsi dengan topik terlalu sempit :

        Pengaruh Media sosial terhadap pemenuhan kebutuhan informasi ibu rumah tangga di RT 15 Kelurahan Tebet Timur Jakarta

Tidak Relevan dengan bidang ilmu atau jurusan study

        Judul skripsi harus relevan dengan bidang studi dan minat dosen pembimbing. Hindari memilih topik yang tidak berkaitan dengan bidang studi atau minat dosen pembimbing.

        Contoh judul skripsi yang tidak relevan dengan bidang ilmu atau jurusan studi adalah :

        Jurusan komunikasi tetapi judul skripsinya : Pengaruh Pelayanan Kesehatan Covid 19 terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi di Indonesia

Judul Skripsi Tidak Orisinal atau mengandung plagiarisme

        Judul skripsi yang tidak orisinal atau sudah banyak diteliti akan membuat penelitian menjadi kurang menarik dan kurang berguna. Selain itu judul skripsi yang tidak orisinal dapat merugikan penulis dan merusak integritas akademik

        Judul skripsi yang tidak orisinal dan merugikan penulis serta institusi pendidikan yaitu praktek duplikasi skripsi atau copas skripsi baik sebagian maupun seluruhnya.

Judul Skripsi Terkesan Terlalu Ambisius

        Kesalahan umum lainnya adalah topik penelitian dalam judul skripsi terkesan terlalu ambisius dan tidak realistis untuk diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Pilihlah topik yang realistis dan dapat diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. 

        Contoh judul skripsi yang terkesan ambisius : 

  • Perputaran Kembali Peradaban Di Era Generasi Z

Metode Penelitian Tidak Fokus

        Judul skripsi harus fokus dan terarah pada topik yang akan diteliti dengan metodologi penelitian yang jelas. Judul skripsi yang baik memberikan gambaran metodologi yang akan digunakan dan sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai., apakah menggunakan metode kuantitatif, metode kualitatif atau mixed methods atau penelitian campuran

        Contoh judul skripsi yang metode penelitiannya tidak fokus atau tidak tepat

  • Studi Deskriptif Kuantitatif Pengungkapan Emosi Selebgram Dalam Menyampaikan Aspirasi Tolak Omnibus Law Melalui Medianya

Tidak Ada Tujuan

        Judul skripsi harus memiliki tujuan yang jelas dan terukur. Hindari memilih topik yang tidak memiliki tujuan atau manfaat yang jelas.

        Contoh judul skripsi yang tidak memiliki tujuan jelas dan terukur : 

  • Perputaran Kembali Peradaban Di Era Generasi Z.
  • Pengaruh Pelayanan Kesehatan Covid 19 yang terjadi di Indonesia

Tidak Ada Kontribusi

        Judul skripsi harus memiliki kontribusi yang jelas terhadap bidang studi atau masyarakat. Hindari memilih topik yang tidak memiliki kontribusi atau manfaat yang jelas.

        Contoh Judul Skripsi yang tidak memiliki kontribusi jelas terhadap bidang studi atau masyarakat :

  • Pengungkapan Emosi Selebgram Dalam Menyampaikan Aspirasi Tolak Omnibus Law Melalui Medianya

Tidak Memperhitungkan Sumber Daya

        Judul skripsi harus memperhitungkan sumber daya yang tersedia, seperti waktu, dana, dan data. Hindari memilih topik yang membutuhkan sumber daya yang terlalu besar atau sulit didapatkan.
Contohnya : Perputaran Kembali Peradaban Di Era Generasi Z

Tidak Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

        Terakhir, hindari membuat judul skripsi tanpa berkonsultasi dengan dosen pembimbing terlebih dahulu. Dosen pembimbing dapat memberikan masukan dan arahan yang tepat untuk memilih judul skripsi yang baik dan relevan dengan bidang studi.

375 Contoh Judul Skripsi yang Mudah Disetujui Dosen Pembimbing

        Mencari ide judul skripsi hal utama yang harus diperhatikan selain kesesuain dengan bidang keilmuan adalah bukan plagiat. Sehingga penting memperhatikan kepastian plagiasi atau tidaknya dengan selalu melakukan pengecekan keaslian dan keabsahan sumber yang digunakan.

        Berikut ini 375 contoh judul skripsi yang sesuai dengan kriteria penulisan skripsi dan metodologi penelitian, tidak plagiasi untuk semua jurusan bidang keilmuan

375 contoh judul skripsi

Contoh Judul Skripsi Ilmu Matematika Murni

  1. Penerapan Teori Grup dalam Pembangunan Kriptografi Simetris
  2. Penyelesaian Persamaan Diferensial Parsial Nonlinear dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga
  3. Penerapan Teori Topologi pada Masalah Jaringan Komunikasi
  4. Pengembangan Metode Perhitungan Geometri pada Bidang Kurva dan Permukaan
  5. Penerapan Teori Graf pada Permasalahan Optimasi Rute Transportasi

Contoh Judul Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi

Contoh Judul Skripsi Ilmu Fisika Murni:

  1. Penerapan Metode Monte Carlo dalam Studi Sifat Termal Bahan
  2. Penelitian Terhadap Efek Kuantum pada Sistem Terisolasi
  3. Pengembangan Model Matematika untuk Simulasi Sistem Fisis

Contoh Judul Skripsi Ilmu Kimia Murni:

  1. Pengembangan Teknik Spektroskopi untuk Karakterisasi Senyawa Organik dalam Bahan Alam
  2. Studi Kinetics Reaksi Kimia pada Sistem Berbeda Kondisi Suhu dan Tekanan
  3. Penelitian Terhadap Mekanisme Reaksi Elektrokimia pada Sel Bahan Bakar

Contoh Judul Skripsi Ilmu Biologi Murni:

  1. Pengembangan Model Matematika untuk Simulasi Dinamika Populasi Mikroba pada Ekosistem
  2. Studi Efek Senyawa Bioaktif pada Pertumbuhan Sel Kanker
  3. Pengembangan Teknik Metabolomik untuk Identifikasi Senyawa Bioaktif dalam Bahan Alam

Contoh Judul Skripsi Ilmu Kebumian dan Angkasa

  1. Pemodelan Data Gempa Bumi Lombok dengan Metode Inversi dan Analisis Statistik
  2. Pengembangan Model Dinamika Fluida untuk Studi Arus Laut Selat Sunda
  3. Penelitian Terhadap Karakteristik Mineral dalam Batuan Sedimen di Daerah Tropis
  4. Analisis Data Satelit untuk Studi Variabilitas Iklim di Bumi Bagian Timur Indonesia
  5. Pengembangan Model Dinamika Gas untuk Simulasi Atmosfer Planet Mars
  6. Penelitian Terhadap Sifat dan Struktur Materi dalam Nebula

Contoh Judul Skripsi Ilmu Pertanian dan Perkebunan

  1. Pengembangan Teknik Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Padi di Kebun Bibit Ujung Menteng DKI Jakarta
  2. Studi Varietas Tanaman Kacang Hijau untuk Peningkatan Produksi dan Mutu di Desa Suka Maju
  3. Penerapan Teknologi Aeroponik untuk Budidaya Tanaman Sayuran di Lingkungan Terbatas
  4. Pengembangan Teknik Pemupukan Organik pada Tanaman Kopi Arabika Toraja untuk Peningkatan Produksi dan Kualitas
  5. Studi Varietas Tanaman Teh untuk Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Produksi di Batu, Malang Jawa Timur
  6. Penerapan Teknologi Hidroponik pada Budidaya Tanaman Kelapa Sawit di Lahan Kering Nusa Tenggara Timur

Contoh Judul Skripsi Teknologi dalam Ilmu Tanaman

  1. Analisis Efektivitas Penggunaan Traktor Bertenaga Surya pada Pertanian di Wilayah Pedesaan Indonesia
  2. Pengembangan Alat Penanam Padi Otomatis Menggunakan Teknologi Internet of Things (IoT)
  3. Pengembangan Metode Pengendalian Hama Rhyzopertha dominica pada Benih Padi dengan Menggunakan Bahan Aktif Nabati
  4. Pengaruh Aktivitas Pengasapan dengan Empat Serbuk Tumbuhan Terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Tanaman Pangan
  5. Kajian Kualitas dan Mutu Produk Olahan Buah Naga Merah dengan Metode Pengeringan Konvensional dan Pengeringan Vakum
  6. Pengembangan Produk Olahan Sari Buah Naga Merah dengan Penambahan Ekstrak Daun Pandan sebagai Agen Antioksidan
  7. Pemanfaatan Teknologi CRISPR-Cas9 dalam Meningkatkan Ketahanan Tanaman Padi terhadap Serangan Hama Wereng Coklat
  8. Optimasi Teknik Kultur Jaringan untuk Meningkatkan Produksi Flavonoid pada Tanaman Jahe (Zingiber officinale)

      Contoh Judul Skripsi Ilmu Sosiologi Pertanian

      1. Dampak Program Pemberdayaan Petani terhadap Kesejahteraan Petani di Desa X
      2. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pertanian Berkelanjutan di Wilayah Y
      3. Pengaruh Kebijakan Pemerintah terhadap Produktivitas dan Kesejahteraan Petani di Indonesia
      4. Studi Perbandingan Sistem Pertanian Tradisional dan Modern dalam Konteks Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Lingkungan

      Contoh Judul Skripsi Ilmu Kehutanan

      1. Analisis Kualitas Air Sungai di Hutan Lindung: Studi Kasus di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
      2. Potensi dan Dampak Penggunaan Kayu Bengkirai sebagai Bahan Bangunan Alternatif di Daerah Kalimantan
      3. Analisis Keanekaragaman dan Kondisi Habitat Satwa Liar di Hutan Mangrove: Studi Kasus di Pantai Timur Sumatera
      4. Evaluasi Kinerja Reklamasi Lahan Bekas Tambang Batubara: Studi Kasus di Kabupaten Kutai Kartanegara
      5. Pengaruh Pengelolaan Hutan Alam Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Adat: Studi Kasus di Hutan Adat Suku Dayak di Kalimantan Tengah

      Contoh Judul Skripsi Ilmu Peternakan

      1. Efektivitas Penggunaan Pakan Fermentasi pada Pertumbuhan dan Kesehatan Ternak Sapi Potong
      2. Peningkatan Kualitas Telur Ayam dengan Pemberian Pakan Suplemen Kaya Omega-3
      3. Analisis Kelayakan dan Potensi Usaha Ternak Kambing Peranakan Etawah di Daerah Tropis
      4. Evaluasi Kinerja Sistem Integrasi Ternak Sapi dan Tanaman Jagung pada Lahan Kering
      5. Pengaruh Pemberian Probiotik pada Pakan Ternak Ayam terhadap Kualitas Daging dan Telur Ayam

      Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Perikanan

      1. Pengaruh Penggunaan Pakan yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Benih Ikan Gurame (Osphronemus goramy)
      2. Pengaruh Kepadatan pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Air
      3. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Ikan Lele (Clarias sp.)
      4. Analisis Kualitas Air pada Budidaya Ikan Mas (Cyprinus carpio) dengan Sistem Bioflok
      5. Pengaruh Pemberian Probiotik pada Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Ikan Patin (Pangasius sp.)
      6. Pengaruh Waktu Pemberian Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio)
      7. Pengaruh Suhu pada Budidaya Ikan Gurame (Osphronemus goramy) terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Air
      8. Pengaruh Pemberian Vitamin C pada Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Ikan Lele (Clarias sp.)"
      9. Pengaruh Penggunaan Sistem Resirkulasi pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Air
      10. Pengaruh Pemberian Pakan dengan Kandungan Protein Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Ikan Patin (Pangasius sp.)

      Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Kedokteran Hewan

      1. Analisis Pemahaman Pemilik Hewan Peliharaan tentang Kesehatan dan Kebutuhan Nutrisi  Kucing Persia Peliharaan
      2. Evaluasi Pengaruh Lingkungan pada Infeksi Bakteri pada Ternak Sapi Donggala
      3. Studi Kasus Kesehatan Reproduksi Kucing Peliharaan: Analisis Faktor Risiko Terjadinya Infertilitas pada Kucing Betina Angora
      4. Evaluasi Kinerja Sistem Pengobatan Tradisional pada Ternak Ayam Petelur
      5. Pengaruh Penggunaan Vaksin Terhadap Tingkat Kejadian Penyakit pada Ternak Sapi Bali

      Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Kedokteran Spesialis

      1. Analisis Pengaruh Faktor Risiko terhadap Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Pasien Usia Lanjut
      2. Evaluasi Pengaruh Penyakit Gagal Ginjal Kronis pada Kualitas Hidup Pasien
      3. Studi Kasus Penanganan Pasien dengan Penyakit Stroke di Rumah Sakit Swasta
      4. Evaluasi Kinerja Sistem Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien
      5. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Menular
      6. Orthopedi : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Operasi Penggantian Sendi Lutut pada Pasien dengan Osteoartritis Berat
      7. Neurologi: Perbandingan Efektivitas Terapi Stimulasi Magnet Transkrani pada Pasien dengan Gangguan Depresi Mayor dan Gangguan Kecemasan Umum
      8. Radiologi: Pengembangan Metode Pendeteksian Dini Kanker Paru-Paru Menggunakan Teknologi Radiologi Berbasis Kecerdasan Buatan
      9. Ilmu Kedokteran Nuklir: Pengaruh Radioterapi pada Kualitas Hidup Pasien dengan Kanker Prostat Stadium Awal
      10.  Kedokteran Forensik: Analisis Faktor Risiko Kematian Ibu saat Melahirkan di Indonesia: Kajian Kasus Forensik di Rumah Sakit Umum Daerah

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Kedokteran Akademik (Umum, Dasar, Biomedik, Keluarga)

                1. Kajian Perbandingan Efektivitas Terapi Musik dengan Terapi Seni dalam Mengurangi Tingkat Kecemasan pada Pasien yang Menjalani Perawatan Kedokteran
                2. Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Pasien dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Keluarga di Kota Surabaya
                3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Penyakit TBC dan Upaya Pencegahan di Kelurahan X
                4. Pengaruh Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Pendidikan Kedokteran terhadap Keterampilan Klinis Mahasiswa
                5. Studi Kasus Perbandingan Antara Efektivitas Metode Terapi CBT dan Metode Terapi Farmakologi dalam Mengatasi Depresi pada Pasien Dewasa

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Spesialis Kedokteran Gigi dan Mulut

                1. Kajian Perbandingan Efek Antibakteri dan Antijamur dari Ekstrak Daun Sirih dan Ekstrak Bawang Putih terhadap Bakteri dan Jamur yang Terkait dengan Infeksi Saluran Mulut
                2. Evaluasi Pengaruh Penggunaan Teknologi 3D Printing dalam Pembuatan Model Gigi pada Proses Perencanaan Bedah Ortognatik
                3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien pada Layanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Kota Surabaya
                4. Studi Kasus Perbandingan Antara Efektivitas Metode Pembersihan Gigi Scaling dan Root Planing dengan Metode Laser dalam Mengatasi Penyakit Periodontal
                5. Efektivitas Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pendidikan Kedokteran Gigi untuk Meningkatkan Keterampilan Klinis Mahasiswa

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Kesehatan Umum

                1. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepatuhan Pasien dalam Mengikuti Program Pengobatan untuk Penyakit Kronis di Puskesmas X
                2. Evaluasi Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Gizi Seimbang terhadap Pola Makan dan Status Gizi Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan X
                3. Studi Kasus Perbandingan Antara Efektivitas Metode Terapi CBT dan Metode Terapi Farmakologi dalam Mengatasi Gangguan Kecemasan pada Mahasiswa
                4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Jiwa di Rumah Sakit X
                5. Pengaruh Penggunaan Teknologi Mobile Health dalam Meningkatkan Kepatuhan Pasien dalam Mengikuti Program Pengobatan untuk Penyakit Kronis

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Keperawatan dan Kebidanan

                1. Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Perawatan Payudara selama Masa Nifas terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu pada Kelurahan X
                2. Evaluasi Pengaruh Penggunaan Metode Terapi Musik dalam Mengurangi Tingkat Kecemasan pada Pasien yang Menjalani Perawatan di Rumah Sakit X
                3. Studi Kasus Perbandingan Antara Efektivitas Metode Terapi CBT dan Metode Terapi Farmakologi dalam Mengatasi Depresi pada Pasien Lansia
                4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan di Rumah Sakit X
                5. Pengaruh Penggunaan Teknologi Mobile Health dalam Meningkatkan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengikuti Program Pemeriksaan Antenatal di Puskesmas X

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Psikologi

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Forensik:

                1. Analisis Profil Psikologis Pelaku Kejahatan Seksual Berdasarkan Tes Proyektif
                2. Studi Kasus tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan Identifikasi Saksi Mata dalam Kasus Kriminal
                3. Pengaruh Pemberian Informasi Kepada Anak Korban Tindak Kekerasan Terhadap Kemampuan Anak untuk Memberikan Kesaksian di Pengadilan

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Klinis:

                1. Pengaruh Terapi Kelompok Psikodrama Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Skizofrenia
                2. Hubungan Antara Gaya Kognitif dengan Depresi pada Pasien Kanker Payudara
                3. Keterkaitan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kecemasan pada Anak di Usia Sekolah Dasar
                4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Layanan Konseling Psikologi di Klinik Psikologi X

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Industri dan Organisasi:

                1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlibatan Karyawan dalam Program Pelatihan dan Pengembangan di Perusahaan X
                2. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Y
                3. Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan Z

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Perkembangan:

                1. Pengaruh Peran Ayah dalam Pembentukan Identitas Diri Anak Perempuan Usia Remaja
                2. Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian Remaja dalam Memilih Teman Sebaya
                3. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Sosial Anak Usia Prasekolah

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Kognitif:

                1. Studi tentang Perbedaan dalam Kemampuan Memori Antar Kelompok Usia
                2. Pengaruh Latihan Meditasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kognitif
                3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Informasi Visual pada Individu dengan Gangguan Spektrum Autisme

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Sosial

                1. Pengaruh Norma Sosial Terhadap Tingkat Kepatuhan dalam Situasi Kritis
                2. Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Orang Asing
                3. Pengaruh Identitas Kelompok Terhadap Perilaku Agresif pada Anak Usia Sekolah Dasar

                Contoh Judul Skripsi Jurusan  Ilmu Farmasi

                1. Evaluasi Pengaruh Penggunaan Teknologi 3D Printing dalam Pembuatan Obat Sediaan Padat terhadap Kualitas dan Stabilitas Produk
                2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Pasien dalam Mengikuti Program Pengobatan untuk Penyakit Kronis di Apotek X
                3. Studi Kasus Perbandingan Antara Efektivitas Metode Terapi Farmakologi dan Metode Terapi Fisik dalam Mengatasi Nyeri pada Pasien Lansia
                4. Pengaruh Penggunaan Teknologi Mobile Health dalam Meningkatkan Kepatuhan Pasien dalam Mengikuti Program Pengobatan untuk Penyakit Kronis
                5. Evaluasi Pengaruh Penggunaan Teknologi Nanopartikel dalam Pembuatan Obat Sediaan Cair terhadap Kualitas dan Efektivitas Produk

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Tata Ruang

                1. Analisis Kelayakan Ekonomi dari Penggunaan Teknologi Beton Pracetak untuk Pembangunan Jalan Raya di Daerah Perkotaan
                2. Evaluasi Dampak Penggunaan Green Roof pada Bangunan Perkantoran terhadap Efisiensi Energi dan Kualitas Lingkungan
                3. Perbandingan Performa Berbagai Sistem Pengolahan Air Limbah Skala Kecil untuk Penggunaan di Lingkungan Perkotaan
                4. Analisis Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Kestabilan Lereng pada Proyek Konstruksi di Daerah Pegunungan
                5. Evaluasi Teknologi Konstruksi Berkelanjutan pada Proyek Infrastruktur Transportasi: Studi Kasus pada Proyek Kereta Api Cepat di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Keteknikan Industri

                1. Analisis Kelayakan Penggunaan Sistem Otomasi dalam Proses Manufaktur untuk Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas
                2. Evaluasi Kinerja Sistem Produksi dengan Menggunakan Metode Lean Manufacturing pada Industri Makanan dan Minuman
                3. Pengembangan Model Optimasi Produksi untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya pada Industri Kecil dan Menengah
                4. Analisis Pengaruh Variasi Faktor Produksi terhadap Kualitas Produk pada Industri Tekstil
                5. Evaluasi Pengaruh Teknologi Industri 4.0 pada Sistem Produksi dan Kinerja Perusahaan Manufaktur

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Teknik Elektro dan Informatika

                1. Analisis Performa Jaringan Sensor Nirkabel untuk Monitoring Industri pada Lingkungan Berbeda
                2. Evaluasi Kinerja Sistem Komunikasi Satelit untuk Aplikasi Internet of Things (IoT) pada Lingkungan Perguruan Tinggi
                3. Pengembangan Sistem Pengolahan Citra untuk Mendeteksi dan Mengidentifikasi Objek pada Lingkungan Perkebunan Kelapa Sawit
                4. Analisis Keamanan Sistem Otentikasi Fingerprint pada Aplikasi Mobile Banking
                5. Evaluasi Performa Algoritma Machine Learning untuk Prediksi Harga Saham pada Pasar Modal Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian

                1. Analisis Pengaruh Aktivitas Gunung Berapi terhadap Kualitas Udara di Sekitar Wilayah Pesisir
                2. Evaluasi Risiko Bencana Gempa Bumi pada Bangunan Tinggi di Daerah Urban
                3. Pengembangan Model Numerik untuk Memprediksi Perilaku Banjir pada Sungai Berkelanjutan
                4. Analisis Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Ketersediaan Air Tanah di Wilayah Perkotaan
                5. Evaluasi Kinerja Sistem Drainase pada Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk Mengurangi Risiko Banjir

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Perkapalan

                1. Analisis Pengaruh Kecepatan Kapal terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Kapal Niaga Berbahan Bakar Diesel
                2. Evaluasi Kinerja Sistem Ballast pada Kapal Tanker untuk Mengurangi Risiko Pencemaran Lingkungan
                3. Pengembangan Model Simulasi untuk Memprediksi Kondisi Gelombang Laut pada Rute Pelayaran Tertentu
                4. Analisis Pengaruh Variasi Desain Kapal terhadap Kestabilan dan Manuverabilitas pada Kapal Penangkap Ikan
                5. Evaluasi Performa Sistem Kendali Otomatis pada Kapal Feri untuk Meningkatkan Keselamatan dan Efisiensi Operasional

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Sastra Bahasa Indonesia

                1. Analisis Pemakaian Bahasa dalam Kumpulan Puisi Modern Indonesia: Studi Kasus pada Karya Sapardi Djoko Damono
                2. Representasi Identitas Perempuan dalam Novel Indonesia Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Ayu Utami
                3. Analisis Gaya Bahasa dalam Novel Indonesia Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Eka Kurniawan
                4. Penerapan Teori Feminisme dalam Analisis Sastra: Studi Kasus pada Kumpulan Puisi Gadis Kretek Karya Helvy Tiana Rosa
                5. Analisis Makna Simbolik dalam Cerpen Indonesia Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Aan Mansyur

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Sastra Bahasa Daerah Jawa

                1. Analisis Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Bahasa Jawa: Studi Kasus pada Karya Y.B. Mangunwijaya
                2. Pemakaian Bahasa Jawa dalam Kumpulan Puisi Modern Jawa: Studi Kasus pada Karya Rendra Karno
                3. Analisis Wacana Kritis pada Novel Jawa Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Agus Noor
                4. Representasi Identitas Jawa dalam Cerpen Jawa Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Seno Gumira Ajidarma
                5. Analisis Makna Simbolik dalam Puisi Jawa Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Sutardji Calzoum Bachri

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Sastra Bahasa Daerah Suku Indonesia

                1. Analisis Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Bahasa Batak Toba: Studi Kasus pada Karya Sitor Situmorang
                2. Pemakaian Bahasa Batak dalam Kumpulan Puisi Modern Batak: Studi Kasus pada Karya Raja Purba
                3. Analisis Wacana Kritis pada Novel Bahasa Minangkabau Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Asma Nadia
                4. Representasi Identitas Suku Dayak dalam Cerpen Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Afrizal Malna
                5. Analisis Makna Simbolik dalam Puisi Bahasa Aceh Kontemporer: Studi Kasus pada Karya Taufik Ismail

                Contoh Judul Skripsi Jurusan  Ilmu Linguistik

                1. Analisis Wacana Kritikal pada Iklan Produk Kecantikan dalam Majalah Wanita
                2. Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa
                3. Pengembangan Model Klasifikasi Otomatis untuk Mendeteksi Kategori Teks Berita dengan Menggunakan Metode Machine Learning
                4. Analisis Pengaruh Faktor Sosial dalam Pemilihan Gaya Bahasa pada Komunitas Penggemar Musik K-Pop
                5. Evaluasi Keterkaitan Antara Kemampuan Berbahasa dengan Keterampilan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

                Contoh Judul Skripsi Jurusan  Ilmu Jurnalistik

                1. Analisis Isu Lingkungan dalam Pemberitaan Media Massa: Studi Kasus pada Koran Harian
                2. Evaluasi Kualitas Pemberitaan Berita Online di Indonesia: Perspektif Pembaca
                3. Pengembangan Model Pemberitaan Berita Investigasi untuk Meningkatkan Kredibilitas Media
                4. Analisis Pengaruh Teknologi Digital pada Perubahan Pola Konsumsi Berita di Indonesia
                5. Evaluasi Efektivitas Strategi Pemasaran Media Online dalam Meningkatkan Jangkauan Pembaca

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Kearsipan

                1. Analisis Pengaruh Teknologi Informasi pada Sistem Kearsipan Digital di Indonesia
                2. Evaluasi Efektivitas Sistem Kearsipan Elektronik dalam Meningkatkan Akses Informasi pada Perusahaan Swasta
                3. Pengembangan Model Manajemen Arsip Elektronik untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sistem Kearsipan
                4. Analisis Strategi Pengembangan Kearsipan Berbasis Digital pada Lembaga Pemerintah
                5. Evaluasi Kualitas Sistem Kearsipan Fisik pada Perusahaan Swasta: Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan

                1. Analisis Pengaruh Teknologi Informasi pada Pelayanan Perpustakaan di Indonesia
                2. Evaluasi Keefektifan Sistem Informasi Perpustakaan dalam Meningkatkan Akses Informasi pada Mahasiswa
                3. Pengembangan Model Pelayanan Perpustakaan Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kualitas Layanan
                4. Analisis Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital pada Institusi Pendidikan Tinggi
                5. Evaluasi Kualitas Pelayanan Perpustakaan pada Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Bahasa Jepang

                1. Analisis Kontrastif Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang dalam Penulisan Karangan oleh Mahasiswa Indonesia
                2. Peran Iklan dalam Pembelajaran Bahasa Jepang: Kajian Terhadap Iklan Produk Jepang di Indonesia
                3. Penerapan Teknik Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang pada Mahasiswa Indonesia
                4. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Penggunaan Bahasa Jepang dalam Pembelajaran Berbasis Online
                5. Pengaruh Budaya Populer Jepang dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Bahasa Inggris

                1. Analisis Wacana Kritis pada Berita Hoax dalam Bahasa Inggris di Media Sosial
                2. Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia
                3. Kajian Terhadap Kesalahan Penggunaan Tenses dalam Penulisan Karangan oleh Mahasiswa Indonesia
                4. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
                5. Analisis Kontrastif Penggunaan Kata Kerja Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Bahasa Perancis

                1. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Penggunaan Bahasa Perancis dalam Pembelajaran Berbasis Online
                2. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Perancis terhadap Motivasi Siswa Sekolah Menengah Atas di Indonesia
                3. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Perancis pada Mahasiswa Indonesia
                4. Analisis Kontrastif Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Perancis dalam Penulisan Karangan oleh Mahasiswa Indonesia
                5. Peran Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Perancis: Kajian terhadap Konten Bahasa Perancis di Instagram

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Bahasa Jerman

                1. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Jerman terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Menengah Atas di Indonesia
                2. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Penggunaan Bahasa Jerman dalam Pembelajaran Berbasis Online
                3. Penerapan Teknik Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Jerman pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
                4. Analisis Kontrastif Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jerman dalam Penulisan Karangan oleh Mahasiswa Indonesia
                5. Peran Budaya Jerman dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di Indonesia: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Bahasa Jerman

                Contoh Judul Skripsi Ilmu Ekonomi

                1. Analisis Peran Sektor Pariwisata Dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
                2. Dampak Kebijakan Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara Berkembang
                3. Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Publik dan Perusahaan Swasta di Indonesia
                4. Pengaruh Inovasi Teknologi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia
                5. Dampak Kebijakan Moneter Terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia
                6. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran di Indonesia
                7. Hubungan Antara Investasi Asing Langsung dan Pertumbuhan Ekonomi di Negara Berkembang
                8. Analisis Dampak Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia
                9. Pengaruh Kebijakan Publik Terhadap Efisiensi Sektor Publik di Indonesia
                10. Analisis Peran Sektor Pertanian Dalam Pertumbuhan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Manajemen Keuangan

                1. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen pada Perusahaan Publik di Indonesia
                2. Dampak Kebijakan Moneter Terhadap Nilai Tukar Mata Uang di Indonesia
                3. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Publik dan Perusahaan Swasta di Indonesia
                4. Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di Indonesia
                5. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia

                1. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Manufaktur di Indonesia
                2. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional di Perusahaan Jasa di Indonesia
                3. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada Perusahaan Startup di Indonesia
                4. Dampak Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Retail di Indonesia
                5. Analisis Dampak Kebijakan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Manufaktur di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Manajemen Logistik

                1. Analisis Perbandingan Efisiensi Biaya Logistik pada Transportasi Darat, Laut, dan Udara di Indonesia
                2. Pengaruh Kualitas Layanan Logistik Terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Jasa Ekspedisi di Indonesia
                3. Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Efisiensi Biaya Logistik di Indonesia
                4. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia
                5. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Efisiensi Biaya Logistik di Perusahaan Retail di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Manajemen Pemasaran

                1. Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Makanan dan Minuman di Indonesia
                2. Dampak Kebijakan Harga Terhadap Persaingan di Industri Ritel di Indonesia
                3. Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline pada Perusahaan E-commerce di Indonesia
                4. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Pakaian di Indonesia
                5. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Industri Jasa Keuangan di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Ilmu Politik dan Pemerintahan

                1. Analisis Peran Media Sosial dalam Pemilihan Umum di Indonesia: Studi Kasus pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019
                2. Pengaruh Globalisasi terhadap Isu Lingkungan di Indonesia: Studi Kasus pada Gerakan Lingkungan Hidup di Bali
                3. Analisis Kebijakan Luar Negeri Indonesia terhadap Negara-negara ASEAN: Studi Kasus pada Hubungan Indonesia dengan Malaysia dan Singapura
                4. Peran Perempuan dalam Pemerintahan Lokal: Studi Kasus pada Kepala Daerah Perempuan di Indonesia
                5. Analisis Pemahaman Masyarakat terhadap Demokrasi di Indonesia: Studi Kasus pada Masyarakat Desa di Jawa Tengah
                6. Pengaruh Partai Politik dalam Pembentukan Kebijakan Publik: Studi Kasus pada Kebijakan Pendidikan di Indonesia
                7. Analisis Konflik Antar Etnis di Indonesia: Studi Kasus pada Konflik Suku Madura dan Suku Jawa di Kalimantan Timur
                8. Pengaruh Dinasti Politik dalam Pemilihan Umum di Indonesia: Studi Kasus pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019
                9. Analisis Peran Organisasi Masyarakat dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa di Indonesia: Studi Kasus pada Koperasi di Jawa Barat
                10. Pengaruh Kepemimpinan dalam Pemerintahan terhadap Kinerja Aparat Birokrasi: Studi Kasus pada Pemerintahan Daerah di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Sosial

                1. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Hidup Lansia di Panti Jompo di Indonesia
                2. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu dalam Merawat Bayi di Indonesia
                3. Dampak Kebijakan Pemberdayaan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Keluarga Miskin di Indonesia
                4. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Tunarungu dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Indonesia
                5. Pengaruh Program Bantuan Sosial Terhadap Kesejahteraan Keluarga Miskin di Indonesia
                6. Analisis Peran Pekerja Sosial dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Indonesia
                7. Dampak Program Kesehatan Mental Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pasien di Rumah Sakit Jiwa di Indonesia
                8. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Masyarakat Terhadap Orang dengan HIV/AIDS di Indonesia
                9. Pengaruh Program Kesehatan Ibu dan Anak Terhadap Kesejahteraan Keluarga di Indonesia
                10. Analisis Dampak Program Rehabilitasi Narkoba Terhadap Kesejahteraan Sosial Mantan Pengguna Narkoba di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Ilmu Filsafat

                1. Analisis Konsep Keadilan Aristoteles dan Relevansinya dalam Konteks Sosial Politik Kontemporer
                2. Konsep Kehidupan yang Baik dalam Filsafat Plato dan Relevansinya dalam Konteks Pendidikan
                3. Analisis Konsep Kebenaran Immanuel Kant dan Implikasinya dalam Konteks Etika Bisnis
                4. Konsep Kebebasan dalam Filsafat Jean-Paul Sartre dan Relevansinya dalam Konteks Kemanusiaan
                5. Analisis Konsep Kehendak Bebas Arthur Schopenhauer dan Implikasinya dalam Konteks Etika Pribadi
                6. Kajian implementasi konsep "Trias Politica" dalam konteks filosofi penyusunan kebijakan UU Omnibuslaw  

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Seni Pertunjukan

                1. Analisis dramaturgi pada pertunjukan teater "Romeo dan Juliet" karya William Shakespeare.
                2. Kajian intertekstual dalam pertunjukan tari tradisional Bali "Barong".
                3. Peran musik dalam pertunjukan wayang kulit Jawa.
                4. Analisis psikologis karakter tokoh utama dalam pertunjukan teater "Hamlet" karya William Shakespeare.
                5. Kajian semiotika dalam pertunjukan seni rupa kontemporer "Body Art".
                6. Peran tari dalam upacara adat "Pendet" di Bali.
                7. Analisis peran panggung dalam pertunjukan teater "The Glass Menagerie" karya Tennessee Williams.
                8. Kajian gender dalam pertunjukan tari kontemporer "Lengger".
                9. Pengaruh seni pertunjukan tradisional Jepang "Kabuki" terhadap seni pertunjukan modern.
                10. Kajian estetika dalam pertunjukan seni sirkus modern "Cirque du Soleil".

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Seni Kriya

                1. Kajian estetika dan nilai budaya dalam seni ukir kayu Kalimantan Timur.
                2. Analisis teknik dan proses pembuatan seni keramik tradisional Bali "Subak".
                3. Peran seni kain tenun dalam kehidupan sosial masyarakat Sumba.
                4. Kajian semiotika dalam seni patung logam khas daerah Jawa Tengah.
                5. Pengaruh seni lukis mural dalam pemberdayaan masyarakat di perkotaan.

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Media

                Contoh Judul Skripsi Bidang Multimedia:

                1. Analisis penggunaan teknologi virtual reality dalam media pembelajaran interaktif.
                2. Peran animasi dalam memperkuat branding produk pada media sosial.
                3. Kajian efektivitas penggunaan gamifikasi dalam aplikasi mobile edukasi.
                4. Analisis pengaruh teknologi augmented reality terhadap pemasaran produk.

                Contoh Judul Skripsi  Bidang Fotografi:

                1. Kajian teknik pemotretan dan pengolahan foto dalam fotografi landscape.
                2. Analisis visualisasi citra pada fotografi jurnalistik di era digital.
                3. Peran fotografi dalam memperkuat branding produk pada media sosial.
                4. Kajian estetika fotografi street photography di perkotaan.

                Contoh Judul Skripsi Media Televisi:

                1. Analisis pengaruh iklan televisi terhadap citra merek produk.
                2. Kajian efektivitas tayangan televisi dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat.
                3. Pengaruh program acara televisi terhadap perilaku konsumsi masyarakat.
                4. Analisis pengaruh media televisi terhadap pola asuh anak.

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Grafika dan Penerbitan:

                1. Kajian teknik pengolahan grafis dalam desain kemasan produk.
                2. Analisis pengaruh desain buku terhadap minat baca masyarakat.
                3. Peran ilustrasi dalam memperkuat branding produk pada media sosial.
                4. Kajian semiotika dalam desain poster kampanye sosial.

                Contoh Judul Skripsi  Jurusan Broadcasting:

                1. Analisis pengaruh teknologi streaming terhadap perilaku konsumsi konten media.
                2. Kajian efektivitas penggunaan media sosial dalam promosi program acara televisi.
                3. Pengaruh program acara radio terhadap perilaku konsumsi masyarakat.
                4. Analisis pengaruh media broadcasting terhadap pola asuh anak.

                Contoh Judul Skripsi Jurusan Desain Interior:

                1. Kajian ergonomi dalam perancangan ruang kelas di sekolah dasar.
                2. Analisis penggunaan material ramah lingkungan dalam desain interior gedung perkantoran.
                3. Peran pencahayaan dalam desain interior ruang pamer museum.
                4. Kajian estetika dalam desain interior kafe kontemporer.
                5. Analisis pengaruh desain interior pada produktivitas karyawan di kantor.

                Contoh Judul Skripsi Ilmu Desain Komunikasi Visual:

                1. Kajian semiotika dalam desain logo perusahaan.
                2. Analisis pengaruh desain kemasan produk terhadap minat beli konsumen.
                3. Peran desain grafis dalam memperkuat branding produk pada media sosial.
                4. Kajian estetika desain poster kampanye sosial.
                5. Analisis pengaruh desain visual pada perilaku konsumen dalam pembelian produk.

                Contoh Judul Skripsi Ilmu Desain Produk:

                1. Kajian ergonomi dalam desain helm safety untuk sepeda motor.
                2. Analisis pengaruh desain produk terhadap minat beli konsumen.
                3. Peran desain produk dalam memperkuat branding produk pada media sosial.
                4. Kajian estetika dalam desain produk furnitur modern.
                5. Analisis pengaruh desain produk pada kualitas hidup pengguna.

                Contoh Judul Skripsi Ilmu Pendidikan Sosial

                1. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
                2. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama
                3. Analisis Kebutuhan Pelatihan Keterampilan Sosial Guru Sekolah Dasar di Era Digital
                4. Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah Menengah Atas
                5. Evaluasi Program Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus di Kota Surabaya

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan Matematika

                1. Analisis Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas
                2. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Sekolah Menengah Pertama
                3. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Sekolah Dasar
                4. Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo
                5. Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan IPA

                1. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Media Virtual terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas
                2. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Kimia pada Mata Pelajaran Kimia di Sekolah Menengah Pertama
                3. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah Dasar
                4. Evaluasi Implementasi Kurikulum IPA Terpadu di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo
                5. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra

                1. Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas
                2. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
                3. Analisis Kebutuhan Pelatihan Guru Bahasa Inggris dalam Menggunakan Teknologi Pembelajaran di Era Digital
                4. Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Memahami Puisi pada Mata Pelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas
                5. Evaluasi Implementasi Kurikulum Bahasa dan Sastra di Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus di Kota Makassar

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

                1. Analisis efektivitas program pendidikan kesehatan di sekolah dasar dalam meningkatkan perilaku hidup sehat siswa di Indonesia
                2. Evaluasi program olahraga sekolah untuk meningkatkan prestasi atletik siswa SMA di Indonesia
                3. Pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia
                4. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk berpartisipasi dalam program kegiatan fisik di sekolah menengah atas di Indonesia
                5. Evaluasi efektivitas program pelatihan kebugaran bagi karyawan perusahaan dalam meningkatkan kesehatan dan produktivitas di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

                1. Analisis Kompetensi Guru Teknik Elektro dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Sekolah Menengah Kejuruan
                2. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Mesin di Sekolah Menengah Kejuruan
                3. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan
                4. Evaluasi Implementasi Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo
                5. Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan

                Contoh Judul Skripsi Psikologi Pendidikan

                1. Pengaruh lingkungan belajar terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar di Indonesia
                2. Dampak penggunaan teknologi dalam pembelajaran terhadap keterampilan kritis siswa sekolah menengah atas di Indonesia
                3. Analisis pengaruh faktor sosial dalam pembentukan identitas remaja di Indonesia
                4. Hubungan antara dukungan sosial dan kesehatan mental siswa SMA di Indonesia
                5. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap disiplin di sekolah dasar di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Pengembangan Kurikulum

                1. Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi untuk program studi pendidikan matematika di perguruan tinggi
                2. Evaluasi implementasi kurikulum 2013 di sekolah menengah atas di Indonesia
                3. Pengembangan kurikulum berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk pendidikan dasar di Indonesia
                4. Analisis kebutuhan stakeholder dalam pengembangan kurikulum di perguruan tinggi di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Teknologi Pendidikan

                1. Penggunaan aplikasi mobile dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar di Indonesia
                2. Evaluasi efektivitas penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran di perguruan tinggi
                3. Pengaruh penggunaan virtual reality dalam pembelajaran sains di sekolah menengah atas di Indonesia
                4. Analisis pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial siswa sekolah menengah atas di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Administrasi Pendidikan (Manajemen)

                1. Evaluasi kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar di Indonesia
                2. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru di Indonesia
                3. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah menengah atas di Indonesia
                4. Analisis efektivitas program pelatihan dan pengembangan staf di perguruan tinggi di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan

                1. Analisis keandalan dan kevalidan instrumen evaluasi pembelajaran di sekolah dasar di Indonesia
                2. Evaluasi efektivitas program bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas di Indonesia
                3. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil ujian nasional di Indonesia
                4. Evaluasi efektivitas program beasiswa di perguruan tinggi di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan Anak Usia Dini

                1. Analisis efektivitas program pendidikan anak usia dini di Indonesia
                2. Pengaruh gaya pengasuhan orangtua terhadap perkembangan sosial anak usia dini di Indonesia
                3. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat orangtua untuk memasukkan anak ke sekolah pendidikan anak usia dini di Indonesia
                4. Evaluasi efektivitas program pendidikan inklusif untuk anak usia dini di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan Luar Biasa

                1. Analisis efektivitas program pendidikan inklusif di sekolah dasar di Indonesia
                2. Pengaruh gaya pengasuhan orangtua terhadap perkembangan anak dengan kebutuhan khusus di Indonesia
                3. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua dalam program pendidikan luar biasa di Indonesia
                4. Evaluasi efektivitas program pelatihan guru dalam pendidikan luar biasa di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Bimbingan dan Konseling

                1. Analisis efektivitas program bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas di Indonesia
                2. Pengaruh faktor-faktor psikologis terhadap prestasi akademik siswa di Indonesia
                3. Analisis kebutuhan siswa dalam program bimbingan dan konseling di sekolah dasar di Indonesia
                4. Evaluasi efektivitas program konseling keluarga dalam meningkatkan kesehatan mental keluarga di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Pendidikan Luar Sekolah

                1. Analisis efektivitas program pendidikan keaksaraan di Indonesia
                2. Pengaruh program pendidikan non-formal terhadap peningkatan keterampilan kerja di Indonesia
                3. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam program pendidikan luar sekolah di Indonesia
                4. Evaluasi efektivitas program pelatihan kewirausahaan di Indonesia

                Contoh Judul Skripsi Bidang Ilmu Pendidikan Kesenian

                1. Analisis pengaruh pendekatan pembelajaran seni terhadap kreativitas siswa di sekolah dasar di Indonesia
                2. Evaluasi efektivitas program pelatihan guru seni dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni di sekolah menengah atas di Indonesia
                3. Pengaruh seni tari terhadap kesehatan mental remaja di Indonesia
                4. Analisis kebutuhan masyarakat terhadap program pendidikan seni di Indonesia
                5. Evaluasi efektivitas program pendidikan seni inklusif di sekolah dasar di Indonesia

                Demikian penjelasan tentang Tips Membuat Judul Skripsi yang Mudah Disetujui Dosen Pembimbing. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.
                A mom of "Triple-A", enthusiastic for sharing knowledge, feeling, and a passion to create in the Dark Side Office

                Post a Comment

                Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik, komentar yang disertai link akan dihapus.Terimakasih
                Post a Comment
                © Fatshaf Moonlight. All rights reserved. Developed by Jago Desain