Contoh Proposal Seminar Kewirausahaan Competitive Advantage Generasi Milenial - Fatshaf Moonlight

Contoh Proposal Seminar Kewirausahaan Competitive Advantage Generasi Milenial

Contoh proposal, dalam rangka meningkatkan daya saing, seminar kewirausahaan yang membahas peningkatan competitive advantage bagi generasi milenial

Proposal Seminar Kewirausahaan Peningkatan Competitive Advantage Generasi Milenial

        Generasi milenial saat ini menjadi sorotan dalam dunia bisnis karena mereka merupakan generasi yang terus berkembang dan memiliki potensi besar untuk memajukan industri. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan daya saing, seminar kewirausahaan yang membahas peningkatan competitive advantage bagi generasi milenial dapat menjadi solusi yang tepat. 

        Dalam artikel ini, Fatshaf Moonlight akan memberikan contoh proposal seminar kewirausahaan yang dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengadakan seminar serupa. Yuk, simak contoh proposal ini sampai selesai.

proposal seminar kewirausahaan

Contoh Latar Belakang Proposal Seminar Kewirausahaan

PENDAHULUAN

        Pada tahun 2017, konsultan keuangan PricewaterhouseCoopers dalam laporannya berjudul The Long View, How will the global economic order change by 2050, telah meramalkan Indonesia pada tahun 2050 akan menjadi negara berkekuatan ekonomi terbesar keempat dilihat dari produk domestik bruto hasil perhitungan keseimbangan kemampuan berbelanja atau dikenal dengan istilah purchasing power parity. Bonus demografi ditengarai sebagai faktor utama yang akan mendorong Indonesia mencapai masa keemasan. Lebih dari itu, generasi milenial, yakni kelompok demografi yang lahir di awal 1980-an hingga pertengahan 1990-an akan mengambil peran penting dalam perjalanan menuju aspirasi tadi.

        Pada rentang tahun ini hingga tahun 2045, generasi milenial berada pada masa yang tepat (dalam usia produktif) sehingga akan menjadi tulang punggung bangsa. Selain itu, dominasi generasi milenial yang diperkirakan mencapai 31% dari penduduk Indonesia atau hampir 87 juta orang (lebih besar dari jumlah penduduk Thailand, Myanmar, Malaysia, dll) akan menjadi kekuatan tersendiri untuk mampu bersaing. Oleh karena itu, tak keliru jika saat ini, pemerintah sangat peduli dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi generasi milenial untuk ambil bagian dalam posisi-posisi penting di Republik Indonesia sebagai langkah mempersiapkan generasi yang tangguh untuk mewujudkan mimpi sebagai negara berpendapatan tinggi di 2045.

        Milenial dapat memicu gelombang masa keemasan Indonesia melejit. Milenial memiliki kepercayaan diri, tingkat optimisme yang lebih besar, ekspresif, bebas, dan menyukai tantangan. Generasi milenial memiliki pikiran terbuka terhadap hal-hal baru dan selalu ingin tampil beda dari yang lain. Mereka benar-benar menggunakan kreativitas mereka untuk menciptakan sesuatu yang baru. Generasi milenial berada dalam suasana kerja yang santai dan mampu melakukan beberapa hal secara bersamaan (multi-tasking). Diantaranya peduli terhadap gaya (style) dan cepat beradaptasi dengan teknologi. Dengan karakteristik seperti tersebut diatas, generasi milenial telah memliki potensi competitive advantage dalam menghadapi dunia yang terus berubah.

        Menilik peluang entrepreneurship atau kewirausahaan Indonesia, dimana jumlah wirausaha di Indonesia disinyalir baru mencapai 8 juta pelaku usaha, yang artinya baru sekitar 3,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan jika dibandingkan negara-negara maju, maka rasio ini harus beranjak menjadi minimal 14% dari total penduduk yang ada. Di tengah gelombang teknologi disrupsi (disruption technology), sangat dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk menjawab tantangan atau permasalahan terkini. 

        Kehadiran teknologi informasi seperti halnya internet of things, bigdata, artificial intelligence, cloud computing, 3D printing, dll harus menjadi tantangan bagi generasi milenial kita untuk menciptakan sesuatu yang baru sehingga Negara kita bisa menjadi negara produsen dan bukan hanya sebagai Negara konsumen. Belajar dari transformasi negara-negara berkembang menjadi negara maju, maka inovasilah yang menjadi pendorongnya seperti halnya dilakukan Jepang, Korea Selatan, Taiwan dll dan milenial diyakini mampu melakukan inovasi terbaik melalu peningkatan competitive advantage-nya baik soft skil maupun hardskilnya.

        Pemberdayaan masyarakat dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan perlu terus dilakukan untuk mendorong kemunculan wirausaha baru sambil terus mengangkat kelas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas seiring dengan perkembangan teknologi. Program seperti 1.000 technopreneur, UMKM go digital, akses pembiayaan kepada UMKM dll perlu mendapat perhatian serius untuk menambah jumlah pelaku usaha sekaligus meningkatkan skala usahanya.

        APMILE, Aliansi Pengusaha Milenial Indonesia adalah sebuah lembaga sosial kemasyarakatan yang consent dalam pemgembangan kapasitas dan skill generasi milenial pada berbagai segmen menuju kemandirian sosial-ekonomi. 

Contoh Nama dan Tema Kegiatan Proposal Seminar Kewirausahaan

NAMA DAN TEMA KEGIATAN

        Nama kegiatan yang akan dilakukan oleh APMILE, Aliansi Pengusaha Milenial Indonesia adalah Seminar Kewirausahaan Generasi Milenial yang bertemakan:

“Peningkatan Competitive Adventage Kewirausahaan Generasi Milenial Menuju Kemandirian Ekonomi”

Contoh Maksud, Tujuan dan Bentuk Kegiatan Proposal Seminar Kewirausahaan Generasi Milenial

MAKSUD DAN TUJUAN

        Tujuan umum seminar kewirausahaan ini adalah untuk menumbuhkembangkan minat generasi milenial untuk berwirausaha sejak dini serta mendorong terbentuknya ide-ide kreatif untuk berwirausaha.

Tujuan khsusus seminar, dimaksudkan agar generasi milenial dapat memiliki:

  1. Wawasan kewirausahaan dan tantangan dunia yang terus berubah.
  2. Kesadaran diri akan potensi keunggulan generasi milenial dalam berwirausaha
  3. Komitmen diri untuk berupaya menuju kemandirian ekonomi.

BENTUK KEGIATAN

Seminar dan Tanya Jawab

        Pada saat pelaksanaan seminar, moderator akan memandu jalannya acara dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Narasumber akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan memberikan penjelasan yang lebih detail terkait dengan topik/materi pembahasan.

Focus Group Discussion

        Focus Group Discusion digunakan sebagai wadah brainstorming untuk menghasilkan ide-ide baru, memvalidasi ide atau pendapat antar kelompok mengenai kebutuhan, peluang dan tantangan serta solusi dalam kewirausahaan generasi milenial.

        Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk membahas satu topik yang telah disediakan oleh Motivator dan Instruktur. Peserta diberi kesempatan mendiskusikan topik dalam kelompok kecil tersebut, lalu memilih satu peserta sebagai perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok kecil.

        Motivator memfasilitasi proses diskusi antar kelompok ketika perwakilan kelompok mempresentasikan hasil brainstormingnya, dan notulen mencatat isu-isu kunci yang diangkat. Motivator mengelola dinamika diskusi antar kelompok, dan secara efektif menyelidiki dan memberikan kesempatan kepada Instruktur untuk memberikan feedback kepada peserta yang bertujuan untuk menghasilkan ide inovatif kewirausahaan bagi generasi milenial.

Perumusan RTL dan Rekomendasi

        Panitia dan Moderator memandu perumusan Rencana Tindak Lanjut dan Rekomendasi seminar dari hasil FGD dan membagikan RTL kepada seluruh peserta dan menyampaikan Rekomendasi secara tertulis kepada instansi terkait pembinaan kewirausahaan generasi milenial.

WAKTU DAN TEMPAT

Hari/tanggal : Jumat-Sabtu/24-25 November 2023
Tempat : Hotel Kita, Jl. Kebersamaan No. 48 Jakarta Timur

Contoh Peserta dan Narasumber Proposal Seminar Kewirausahaan

PESERTA

        Peserta Kegiatan adalah utusan organisasi pemuda dan pelajar se Jakarta Timur sejumlah 50 orang. Syarat peserta Seminar :
  1. Perwakilan OSIS atau IPM SMA/SMK/MAN se Jakarta Timur maksimal 2 orang
  2. Perwakilan Organisasi Masyarakat kepemudaan berusia 17-19 tahun maksimal 2 orang
  3. Membawa Surat Mandat Mengikuti Seminar dan Tanda Pengenal saat Registrasi di lokasi Seminar.

NARASUMBER

        Narasumber dan Instruktur pada Seminar Kewirausahaan generasi milenial ini adalah para ahli dan praktisi di bidang kewirausahaan dan ekonomi kreatif serta motivator bisnis dan industri kecil menengah,dengan latar belakang profesi dan aktifitas sebagai berikut :
  1. Perwakilan Konsorsium/Asosiasi Praktisi Ekonomi Kreatif
  2. Akademisi Kewirausahaan
  3. Pejabat Pemda terkait bidang Kewirausahaan, Pemuda dan UMKM 
  4. Perwakilan Asosiasi Pengusaha UMKM
  5. Enterpreneurship Muda
  6. Motivator Bisnis dan UMKM

Contoh Rundown (Jadwal) Kegiatan Proposal Seminar Kewirausahaan

RUNDOWN ACARA

        Materi Seminar Kewirausahaan generasi milenial bertema competitive advantage menuju kemandirian sosial ini terdiri atas 6 topik yaitu :
  1. Millenial dalam Pusaran Peluang dan Tantangan Berwirausaha
  2. Membangun Pelopor Wirausaha Milenial di tengah tantangan VUCA dunia dan disrupsi teknologi informasi
  3. Strategi Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Kapasitas SDM Millenial dalam Berwirausaha
  4. Digitalisasi untuk kepemimpinan mandiri dan berdikari dalam finansial
  5. Start-Up dan Pengembangannya
  6. Cerdas mengelola ESQ, landasan sukses Berwirausaha.
Adapun jadwal kegiatan seminar dapat diuraikan sebagai berikut :

jadwal seminar kewirausahaan

Contoh Anggaran Kegiatan dalam Proposal Seminar Kewirausahaan

ANGGARAN

Anggaran Seminar Kewirausahaan generasi milenial ini bersumber dari :
1. Saldo Kas APMILE
2. Sponsorship : Kemenpora, Kemenparekraf, Pemda Jakarta Timur, BUMN dan BUMD
3. Sumbangan Yang Tidak Mengikat

anggaran seminar kewirausahaan

        Terbilang : Seratus Tigapuluh Tujuh Juta Duaratus Enampuluh Tigaribu Enamratus Rupiah

Contoh Penutup Proposal Seminar Kewirausahaan

PENUTUP

        Pada akhirnya, masa keemasan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mempersiapkan generasi milenial yang kreatif, inovatif dan memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) sangat dibutuhkan untuk membawa Indonesia menjadi negara yang kaya dan disegani oleh masyarakat dunia. Komitmen segenap bangsa dibutuhkan untuk mewujudkan mimpi menjadi negara maju. Melewatkan kesempatan ini berarti membiarkan Republik ini menjadi tua sebelum kaya.

        Demikian gagasan ini, kami ajukan sebagai bahan rujukan bapak/ibu. Besar harapan kami agar acara tersebut dapat terlaksana mengingat acara ini sebagai ajang aktualisasi milenial dalam membangun kapastitas diri menyongsong Indonesia lebih baik di masa depan.  

Salam Milenial… !!!

Contoh Lampiran Proposal Seminar Kewirausahaan Generasi Milenial

  1. Susunan Kepanitiaan dan Daftar Organisasi Peserta Seminar Kewirausahaan
  2. Akta Notaris dan SK Kemenkumham Lembaga Penyelenggara
  3. NPWP dan Nomor Rekening Lembaga Penyelenggara
  4. Dokumentasi Kegiatan Terdahulu Lembaga Penyelenggara 

        Demikianlah contoh proposal seminar kewirausahaan competitive advantage generasi milenial semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi.

NOTE :
  1. Nama Lembaga APMILEadalah  fiktif, karangan penulis saja, jika ada kesamaan nama itu bukan unsur kesengajaan
  2. Waktu. tempat, dan lokasi juga adalah fiktif
A mom of "Triple-A", enthusiastic for sharing knowledge, feeling, and a passion to create in the Dark Side Office

You may like these posts

Post a Comment

Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik, komentar yang disertai link akan dihapus.Terimakasih
Post a Comment