Panduan Pengobatan Islami Download Gratis 106 Ebook Pdf Terbaik - Fatshaf Moonlight

Panduan Pengobatan Islami Download Gratis 106 Ebook Pdf Terbaik

Download 106 ebook panduan pengobatan islami terbaik, agar Anda dapat mempelajari cara sederhana meningkatkan kesehatan dan meraih kebahagiaan hidup.

        Kesehatan adalah nikmat paling berharga dalam hidup yang dikaruniakan Allah Swt kepada kita, dan pengobatan Islami telah terbukti menjadi salah satu metode efektif untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan secara alami.

panduan pengobatan islami

        Moonlighter sekalian, dengan senang hati kami menyediakan kesempatan bagi Anda untuk mendownload ebook panduan pengobatan Islami terbaik secara gratis!. Dalam ebook pdf ini, Anda akan menemukan berbagai rahasia kesehatan yang terungkap, termasuk pengobatan herbal, terapi hati, dan banyak lagi. Download 106 ebook panduan pengobatan islami terbaik, agar Anda dapat mempelajari cara sederhana meningkatkan kesehatan dan meraih kebahagiaan hidup yang lebih baik. Jangan ragu untuk download gratis 106 ebook panduan pengobatan Islami terbaik ini sekarang juga dan temukan rahasia kesehatan yang tersembunyi!

Pengertian Pengobatan Islami atau Thibbun Nabawi

        Pengobatan Islami adalah metode pengobatan untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan  menurut ajaran Islam yang bersumber dari  Al-Qur’an dan hadist Rasulullah saw serta tidak melanggar aturan-aturan syariat Islam. Islam memandang makna kesehatan dalam aspek yang lebih dalam dan luas, yakni kesehatan dalam makna fisiologis-lahiriyah-jasmani dan psikologis-batiniah-rohani.

        Seseorang yang memiliki keimanan, harus mampu memelihara kesehatan fisik dan psikisnya. Islam memandang kesehatan lebih dari sekedar terhindarnya seseorang dari penyakit. Bukan sekedar tubuh sehat, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah kebersihan batin atau kebersihan rohani. 

Tujuan dari Pengobatan Islami

        Pengobatan Islami adalah salah satu cabang ilmu yang mengkaji tentang pengobatan dari sudut pandang Islam. Tujuan utama dari pengobatan Islami adalah untuk menyembuhkan dan merawat orang yang sakit dengan menggunakan metode yang sesuai dengan  ajaran Al-Quran dan Sunnah yang digariskan oleh Hadist Rasulullah Saw yang sahih. Berikut ini, tiga tujuan utama dari pengobatan Islami yang perlu dipahami, yaitu:

1. Membantu orang untuk memperoleh kesembuhan fisik dan mental.

        Pengobatan Islami berfokus pada penyembuhan yang holistik, yaitu tidak hanya menyembuhkan tubuh, tetapi juga menyembuhkan jiwa dan pikiran. Metode pengobatan Islami mencakup penggunaan doa, dzikir, ruqyah, dan pengobatan dengan bahan-bahan alami yang halal dan thayyib.

        Selain itu pengobatan Islami juga merupakan penguatan keyakinan akan kemuliaan Al-Qur’an dan keistimewaannya, bahwa Al-Qur’an merupakan kitab suci yang mengatur segala aspek kehidupan manusia dan bahwa Al-Quran adalah nasihat dan pengingat yang akan menyingkirkan segala keinginan dan hawa nafsu yang bertentangan dengan kehendak Allah swt. Dengan keyakinan tersebut, Al-Quran sebagai Kalamullah memiliki kekuatan menyembuhkan segala jenis penyakit jasmani pada tubuh manusia.

2. Memberikan penanganan yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

        Pengobatan Islami memperhatikan aspek spiritual dalam proses penyembuhan. Oleh karena itu, metode pengobatan Islami tidak hanya menangani penyakit secara fisik, tetapi juga memberikan pembinaan spiritual agar pasien menjadi lebih kuat dalam menghadapi penyakit dan masalah kehidupan.

3. Membantu orang untuk memperoleh kesejahteraan hidup yang lebih baik.

        Pengobatan Islami tidak hanya menyembuhkan tubuh dan jiwa, tetapi juga membantu pasien untuk memperoleh kesejahteraan hidup yang lebih baik. Hal ini dilakukan dengan memberikan edukasi dan pembinaan tentang pola hidup sehat, termasuk pola makan, aktivitas fisik, dan perawatan diri yang baik.

        Pemahaman terhadap tujuan dari pengobatan Islami, memberikan wawasan dalam memilih metode pengobatan yang sesuai dengan ajaran Islam dan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dalam menjalani proses penyembuhan penyakit.

Download Gratis 9 Ebook Panduan Utama Pengobatan Islami (Thibbun Nabawi) Terbaik

thibbun nabawi

  • Thibbun Nabawi - Perubatan Wahyu Nabi Muhammad SAW, Muallij Mustaqim bin Mohd Najib Al-Kelantani  DOWNLOAD GRATIS
  • Pengobatan Alami Cara Islam, Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma  DOWNLOAD GRATIS

DOWNLOAD ALL 

Setiap Penyakit Ada Obatnya

        Penyakit dan obatnya adalah dua hal yang selalu berkaitan dalam kehidupan manusia. Setiap orang pasti merasakan sakit, yang dapat berupa sakit fisik maupun mental, dan merasakan kesedihan maupun kebahagiaan. Hal ini merupakan bagian dari takdir Allah yang telah dituliskan sejak awal penciptaan dunia. Namun, di balik takdir sakit, selalu terdapat hikmah yang dapat diambil. 

        Allah swt telah menakdirkan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, kecuali dua hal, yaitu tua dan kematian, yang merupakan fitrah manusia yang diberikan nikmat usia. Oleh karena itu, sebagai manusia yang beriman, kita harus selalu berusaha untuk mencari obat dan mengobati penyakit yang menimpa kita. 

        Pengobatan Islami yang natural memungkinkan kita memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita, seperti tumbuhan obat atau ramuan tradisional, serta melakukan upaya pencegahan dengan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan cara cara yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan Hadist Rasululah saw. 

        Keyakinan akan sembuh sambil memohon ampunan-Nya, dapat mengatasi penyakit dan mencapai kesehatan yang optimal, sesuai dengan takdir Allah swt yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan 2 (dua) Hadist Rasulullah saw berikut :

        Rasululllah saw bersabda 

"Berobatlah kalian wahai hamba Allah, karena Allah 'Azza wa Jalla tidak pernah menurunkan penyakit, kecuali juga menurunkan obatnya, kecuali kematian dan kepikunan." (HR. Ahmad: 17727) 

        Pada hadist lain, 

"Aku pernah mendatangi Nabi ï·º dan para sahabatnya, dan seolah-olah di atas kepala mereka terdapat burung. Aku kemudian mengucapkan salam dan duduk, lalu ada seorang Arab Badui datang dari arah ini dan ini, mereka lalu berkata, "Wahai Rasulullah, apakah boleh kami berobat?" Beliau menjawab, "Berobatlah, sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla tidak menciptakan penyakit melainkan menciptakan juga obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu pikun." (HR. Abu Daud: 3357)

Download Gratis 20 Ebook Khazanah Pengobatan Islami Terbaik

khazanah pengobatan islami

  • Doa-doa Bagi Orang Sakit dan Yang Tertimpa Musibah Syaikh Abdurrazzaq al-Badr  DOWNLOAD GRATIS
  • Hidup Sehat dengan Agama  Dr. H. Muhammad Sofyan, M.A. dkk   DOWNLOAD GRATIS
  • Keajaiban Asmaul Husna Meraih Cinta Allah Ardi Gunawan   DOWNLOAD GRATIS
  • Tumbuhan Obat dalam Al Quran - Perspektif Sains Islam Bidang Farmakognosi Karyanto  DOWNLOAD GRATIS
  • Tuntunan Praktis Shalat Orang Sakit Dr. Said bin Ali Wahf al-Qahthani  DOWNLOAD GRATIS
  • Untukmu yang Sedang Sakit - Kumpulan Doa, Dzikir dan Amalan Harian Orang Sakit  Ammi Nur Baits  DOWNLOAD GRATIS

Klasifikasi Umum Penyakit dan Penyebabnya

        Dalam dunia kesehatan, terdapat dua jenis penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, yaitu penyakit jasmani dan penyakit jiwa atau hati. Penyakit jasmani adalah jenis penyakit yang telah umum diketahui dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Penyakit ini dapat diobati melalui pengobatan medis atau pengobatan alternatif. 

        Di sisi lain, penyakit jiwa atau hati adalah jenis penyakit yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri dan dapat menimbulkan gangguan pada sistem saraf, mengakibatkan perilaku abnormal dan tidak terkontrol. 

Penyebab Penyakit Jiwa atau hati

        Menurut Abdul Akhir Hammad Al-Ghunaim ( 2000) penyakit jiwa atau hati terdiri atas 2 bentuk yaitu penyakit syahwat dan penyakit syubhat. Penyakit syahwat terjadi ketika seseorang terlalu terobsesi dengan keinginan atau nafsu tertentu, seperti keinginan untuk makan atau minum berlebihan, atau keinginan untuk melakukan aktivitas seksual yang berlebihan. Meskipun penyakit syahwat dapat menjadi masalah serius, namun masih tergolong penyakit yang dapat diatasi dengan bantuan medis atau psikologis. Sebaliknya, penyakit syubhat jauh lebih serius dan sulit diatasi

        Penyakit syubhat terjadi ketika seseorang memiliki pikiran yang tidak jelas atau tidak benar tentang sesuatu, sehingga dapat mempengaruhi perilaku dan kesehatan mental seseorang. Penyakit syubhat tidak hanya mempengaruhi individu secara fisik, tetapi juga secara spiritual. Penyakit syubhat hanya dapat disembuhkan atas bantuan Allah swt untuk menanggulanginya melalui limpahan rahmat-Nya. 

        Penyebab penyakit jiwa atau hati karena adanya sifat-sifat yang bersemayam dalam hati yang akhirnya menimbulkan penyakit dan menggerogoti jiwa. Beberapa sifat yang dapat menimbulkan penyakit jiwa atau hati adalah :

  • Hasad  = iri hati
  • Haqad  =  dengki atau benci
  • Suudzon  = buruk sangka
  • Kibir  = sombong 
  • Ujub  =  kagum pada diri sendiri, perasaan diri merasa sempurna lebih dari orang lain
  • Takabbur = sombong dan membanggakan diri karena memiliki kelebihan dibanding orang lain
  • Riya’ = pamer kelebihan
  • Suma = dorongan mencari popularitas atau kemasyhuran
  • Bukhul  = kikir
  • Hubbul mal = kebendaan atau terlalu mencintai harta benda
  • Gadab = pemarah
  • Gîbah = pengumpat
  • Namimah = provokasi
  • Kizib = dusta
  • Khianat = Penghianat

Penyebab Penyakit Jasmani

        Menurut Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam bukunya al-Thibb al-Nabawi (1999), penyebab penyakit jasmani itu dibagi atas empat faktor yaitu : 

1. Sakit akibat gaya hidup tidak sehat dan teratur

        Sakit akibat gaya hidup yang tidak sehat dan tidak teratur, seperti pola makan, kebiasaan minum, kerja, istirahat, dan kebiasaan sehari-hari lainnya, dapat merusak tubuh. Jenis sakit ini termasuk sakit fisik dan dapat diatasi dengan mengadopsi pola hidup yang sehat secara fisik. Dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat, minum cukup air, beristirahat yang cukup, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur, maka pencegahan terjadinya sakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dapat teratasi.

2. Sakit karena Penyakit Keturunan

        Penyakit keturunan atau genetik merupakan jenis penyakit yang diturunkan dari orang tua ke anak. Para ahli kesehatan belum sepenuhnya memahami penyebab pasti terjadinya penyakit ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik memainkan peran penting dalam terjadinya penyakit keturunan. Selain itu, dalam pandangan agama, penyakit keturunan dikaitkan dengan pesan dari Tuhan bahwa para leluhur belum menyelesaikan tugas-tugasnya di dunia ini. 

        Penyakit karena keturunan hanya dapat diatasi dengan pola hidup yang sehat serta memperkuat iman kepada Tuhan. Dengan mengadopsi perilaku hidup yang sehat, seperti olahraga teratur dan pola makan seimbang, serta memperkuat iman kepada Tuhan, dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit keturunan.

3. Sakit akibat Rakus dan Serakah

        Sakit yang disebabkan oleh kerakusan dan keserakahan akan ilmu merupakan jenis penyakit rohani yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Banyak orang yang berguru ke sana kemari pada berbagai "orang pintar" tanpa memperhatikan waktu, hanya untuk mendapatkan kesaktian, kekayaan, daya tarik terhadap lawan jenis, karier yang cepat, dan sebagainya. Namun, kerakusan dan keserakahan semacam ini dapat membawa dampak negatif pada kesehatan seseorang, seperti stres, kecemasan, depresi, dan bahkan penyakit fisik yang serius. 

        Untuk mengatasi penyakit jenis ini, diperlukan pola hidup sehat rohani, seperti meditasi, doa, dan zikir, serta memperkuat iman dan kepercayaan pada Tuhan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, seseorang dapat mengatasi kerakusan dan keserakahan akan ilmu, serta mencapai kesehatan fisik dan mental yang optimal.

4. Sakit karena Tugas belum selesai

        Sakit yang disebabkan oleh belum selesainya tugas secara pribadi merupakan jenis penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Menurut pandangan Islam, penyakit jenis ini merupakan pesan dari Allah swt bahwa ada yang salah dengan apa yang telah dijalani dan harus segera diperbaiki. 

        Penyakit ini dapat menimbulkan gejala fisik, seperti kelelahan, sakit kepala, dan sakit perut, serta gejala mental, seperti kecemasan, depresi, dan ketidakmampuan untuk merasa bahagia. Oleh karena itu, untuk mengatasi penyakit jenis ini, diperlukan pola hidup sehat perilaku dan sehat iman, seperti mengatur waktu dengan baik, menyelesaikan tugas-tugas yang tertunda, dan memperkuat keimanan dan ibadah kepada Allah swt. Dengan melakukan hal-hal tersebut, seseorang dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh belum selesainya tugas secara pribadi, serta mencapai kesehatan fisik dan mental yang optimal.

Download Gratis 12 Ebook Terbaik tentang Mindset Sakit dan Penyebab Sakit

mindset sakit

  • Al Muhalla 8 Jihad, Kurban, Makanan Halal Haram Ibnu Hazm  DOWNLOAD GRATIS
  • Halal Haram Makanan Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi  DOWNLOAD GRATIS
  • Makanan  Minuman dalam Perspektif Al-Quran dan Sains LIPI  DOWNLOAD GRATIS
  • Mistik Pembebasan Dunia Butuh Sembuh dan Manusia Perlu Waras Abdillah Muhammad Marzuqi  DOWNLOAD GRATIS

Jenis Pengobatan Islami dan Ebooknya 

        Dalam pengobatan Islami, terdapat tiga istilah utama yang sering digunakan, yaitu preventif, spiritual, dan kuratif. Pengobatan Islami seringkali menggabungkan ketiga jenis pengobatan ini untuk mencapai kesembuhan yang holistic, alami dan aman untuk menyembuhkan penyakit secara fisik dan spiritual.

Pengobatan Preventif dalam Islam

        Pengobatan preventif  untuk kesehatan jasmani dalam pengobatan Islami mengacu pada upaya untuk mencegah terjadinya penyakit dengan cara menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Ini melibatkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang seha dan halal, berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Selain itu, pengobatan preventif juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat herbal atau suplemen yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah terjadinya penyakit.

        Sedangkan pengobatan preventif untuk kesehatan rohani dalam pengobatan Islami meliputi istiqomah atau keteguhan beribadah wajib dan Sunnah, seperti sholat fardhu tepat waktu, berpuasa wajib dan Sunnah, pembiasaan bersedekah, dan bertutur kata sopan, santun, ramah, suka menolong serta perilaku baik lainnya kepada sesama manusia. 

        Selain itu merubah mindset  ke hal-hal yang syariah melalui menambah wawasan pengetahuan juga termasuk dalam pengobatan preventif untuk kesehatan rohani. Memperbaiki kualitas hubungan dengan Allah swt (habluminallah) dan kualitas hubungan sesama manusia (habluminannas) serta senantiasa menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar adalah kunci dari pengobatan preventif untuk kesehatan rohani dalam pengobatan Islami.

Download Gratis 17 Ebook Pengobatan Islami Preventif Terbaik

pengobatan preventif

  • 365 Tips Sehat ala Rasulullah dr. Mohammad Ali Toha Assegaf  DOWNLOAD GRATIS
  • Alkohol Dalam Makanan, Minuman dan Kosmetik M. Shiddiq Al-Jawi  DOWNLOAD GRATIS
  • Fiqh Kesehatan  Inspirasi Meraih Hidup Sehat Secara Kaffah  DOWNLOAD GRATIS
  • Makan Minum Sambil Berdiri, Haramkah? Syafri Muhammad Noor  DOWNLOAD GRATIS

Pengobatan Spiritual dalam Islam

        Pengobatan spiritual dalam pengobatan Islami adalah upaya untuk menyembuhkan penyakit dengan cara memperkuat iman dan hubungan seseorang dengan Allah. Ini melibatkan doa, zikir, dan membaca Al-Quran. Pengobatan spiritual juga dapat dilakukan dengan cara mengunjungi tempat-tempat suci atau melakukan ritual tertentu yang dianggap dapat membantu menyembuhkan penyakit secara spiritual.

Download Gratis 34 Ebook Pengobatan Islami Spiritual Terbaik

pengobatan spiritual

  • 10 Tips Membersihkan Jiwa  Syaikh Abdurrazaq Ibn Abdul Muhsin Al Badr  DOWNLOAD GRATIS
  • Jalan Menuju Sehat Jasmani Rohani Melalui Ruqyah Syar'iyah Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin  DOWNLOAD GRATIS 
  • Lantunan Quran untuk Penyembuhan Ir. Abd. Daim al-Kaheel  DOWNLOAD GRATIS
  • Ruqyah Syariah - Terapi Mandiri Penyakit Hati Sulthan Adam, S.Q  DOWNLOAD GRATIS 
  • Tasawuf dan Kesehatan Psikoterapi dan Obat Penyakit Hati Prof. Dr. H. Muzakkir, M.A.  DOWNLOAD GRATIS
  • Terapi Ruqyah Ayat Suci Al-Quran untuk Menghilangkan Kesedihan, Stres, Depresi Menenangkan Jiwa Jannah Firdaus Mediapro  DOWNLOAD GRATIS
  • Tumbuhan Herbal dalam Islam yang Berkhasiat untuk Mengusir Gangguan Jin Jannah Firdaus Mediapro  DOWNLOAD GRATIS

Pengobatan Kuratif dalam Islam

        Pengobatan kuratif dalam pengobatan Islami mengacu pada upaya untuk menyembuhkan penyakit yang sudah ada. Ini melibatkan penggunaan obat-obatan herbal atau alami yang dikombinasikan dengan pengobatan medis modern. Pengobatan kuratif juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang dianggap dapat membantu menyembuhkan penyakit secara alami.

Download Gratis 14 Ebook Pengobatan Islami Kuratif Terbaik

pengobatan kuratif

  • Ibadah Shalat Tahajud Sebagai Terapi Peyembuhan Penyakit Kanker dan Stress Muhammad Vandestra  DOWNLOAD GRATIS
  • Masakan untuk Pengobatan dan Kesehatan Prof H M Hembing Wijayakusuma   DOWNLOAD GRATIS
  • Meredam Penyakit Asam Urat Tanpa Obat Wolfgang Freund z lib.org  DOWNLOAD GRATIS
  • Ruqyah Tadabbur Ayat Suci Al-Quran untuk Menyembuhkan Penyakit Kanker, Tumor _ Kista H. Fadhil Zainal Abidin BE & Muhammad Vandestra  DOWNLOAD GRATIS
  • Sempurnakan dengan Siwak karena Gigi Sehat adalah Hak Semua Umat Dr. Taufan Bramantoro, drg., M.Kes  DOWNLOAD GRATIS
  • Sistem Pengobatan Penyakit Islami Ala Nabi Muhammad SAW Muhammad Vandestra  DOWNLOAD GRATIS
  • Terapi Bersedekah Terbukti Nyata dari Masa ke Masa untuk Penyembuhan Penyakit dan Kelancaran Rezeki Manshur Abdul Hakim  DOWNLOAD GRATIS
  • Terapi Maknawi dengan Resep Qurani Badiuzzaman Said Nursi  DOWNLOAD GRATIS

 DOWNLOAD ALL

        Demikian artikel Panduan Pengobatan Islami Download Gratis 106 Ebook Pdf Terbaik, semoga dengan mengunduh ebook ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang pengobatan Islami dan berguna untuk diaplikasikan dalam kehidupan. Semoga ebook ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Anda dan keluarga. Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat mencoba pengobatan Islami.

Referensi 

  1. Abdul Akhir Hammad Al-Ghunaimi, Tahdzib Syarh Ath-Thahawiyah: Dasar- dasar ‘Aqidah Menurut Ulama Salaf, penerjemah: Abu Umar Basyir Al-Medani, buku 2 (Cet. I; t.t: Pustaka At-Tibyan, 2000), h. 264-266
  2. Andi Muflih, 2013, Pengobatan Dalam Islam, Tesis, PPS UIN Alauddin Makassar, https://repositori.uin-alauddin.ac.id/2899/1/Andi%20Muflih.pdf
  3. Ibnul Qayyim al-Jauziyah, al-Thibb al-Nabawi (t.t: Dar al-Taqwa al-Turats, 1999), h. 5-9
  4. https://hadits.in/ahmad/17727
  5. https://hadits.in/abudaud/3357

Disclaimer

        Seluruh Ebook pdf ini hanya untuk tujuan informasi dan dakwah dalam menambah wawasan serta pengetahuan Islam, TIDAK dimaksudkan untuk DIPERJUALBELIKAN. Semoga para penulisnya mendapatkan pahala yang berlipat atas amal jariyahnya menuliskan buku mengenai pengobatan Islami. Anda memahami bahwa kumpulan ebook ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti konsultasi dengan para pakar pengobatan Islami atau praktisi kesehatan berlisensi. Silakan berkonsultasi dengan Kyai, Ustadz serta dokter Anda sendiri atau spesialis kesehatan Islami mengenai saran dan rekomendasi yang Anda dapatkan dari ebook pdf ini. Mendownload ebook ini berarti Anda menerima dan menyetujui disclaimer ini. 

        Semoga Bermanfaat dan Bernilai Amal Jariyah Untuk Kita Semua. 

A mom of "Triple-A", enthusiastic for sharing knowledge, feeling, and a passion to create in the Dark Side Office

Post a Comment

Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik, komentar yang disertai link akan dihapus.Terimakasih
Post a Comment
© Fatshaf Moonlight. All rights reserved. Developed by Jago Desain