Contoh Proposal Perpisahan Sekolah - Fatshaf Moonlight

Contoh Proposal Perpisahan Sekolah

contoh proposal perpisahan sekolah singkat dan bermanfaat

Contoh Proposal Perpisahan Sekolah

Setelah lama nggak ngentry .... hadir lagi tuk dunia pendidikan Indonesia.
Persiapan Ujian Nasional sebentar lagi kelar, dan perpisahan buat kelas VI SD, kelas IX SMP dan kelas XII SMA pun semakin dekat.. buat yang bingung buat proposalnya.. sedianya proposal ini kubuat untuk Ketua Panitia Perpisahan kelas IX MTs Rabiah Al-Adawiyah Jakarta Timur , BapakUstads Imron Rosyadi, tapi berbagi itu juga baik kan?nih proposal perpisahan termanis... "jadi mirip lagu ya?"

PROPOSAL PERPISAHAN KELAS IX

MTs Rabiah Al-Adawiyah Tahun 2014

Pendahuluan

Kehidupan sekolah dan sekolah untuk kehidupan masa depan yang lebih baik, memberikan banyak pelajaran, berbagai peristiwa suka dan duka dalam kebersamaan keseharian menjadi warna tersendiri dalam pembentukan karakter, penemuan ilmu pengetahuan, sehingga interaksi baik antar sesama siswa, maupun dengan guru dan lingkungan sekitar sekolah memberikan satu pengalaman psikologis yang akan mewarnai perjalanan hidup ke masa depan.

Genap 3 tahun kebersamaan menuntut ilmu, setiap peristiwa akan terekam dalam memory tentang kisah sekumpulan siswa dan guru pernah memiliki interaksi dalam pencaharian ilmu pengetahuan dan pembinaan karakter untuk menjadi lebih dewasa. Masa 3 tahun akan berakhir dan perpisahan tak terelakkan sebagai bagian dari akhir periode interaksi tersebut pasca Ujian Nasional dan kelulusan Sekolah.

Perpisahan adalah satu kata yang paling menyedihkan bagi seorang anak manusia yang belum siap merasa kehilangan akan sesuatu dalam kehidupan fana, kadang tak ada kata yang dapat menggambarkan bagaimana sedihnya kehilangan karena perpisahan. Perpisahan juga dapat memberikan flashback terbaik betapa sesuatu yang akan hilang itu memiliki makna baik secara psikologis maupun secara materil.

Madrasah Tsanawiyah Rabiah Al-Adawiyah pun tidak terlepas dari kodrat alami siklus system pendidikan setiap tahunnya, ada siswa baru yang mesti disambut dan harus siap melepas siswa kelas IX. Lepas sambut ini memiliki agenda dalam program madrasah. Penyambutan siswa baru melalui Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) dan pelepasan kelas IX melalui program kegiatan perpisahan.

Perpisahan dan pelepasan siswa kelas IX bukan sekedar prosesi melepas siswa kelas IX yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama tiga tahun di MTs Rabiah Al-Adawiyah untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA), tetapi juga sebagai usaha para guru untuk mengarahkan siswa untuk melakukan ritual perpisahan dengan teman seperjuangan menuntut ilmu secara lebih bijak dan positif, tidak melakukan hal-hal yang justru dapat berakibat merugikan misalnya dengan konvoi di jalan, saling mencorat-coret baju yang kemudian akan membuat grafitty di jalan dan dinding dinding lingkungan sekitar.

Acara perpisahan kadang dianggap tidak begitu penting bagi orangtua karena membutuhkan anggaran menambah beban orangtua siswa dengan mengabaikan betapa penting makna psikologis bagi seorang siswa akan sekumpulan kawan seperjuangan menuntut ilmu selama tiga tahun lebih. Sehingga perlu solusi bijak dari guru dan sekolah dalam menjembatani antara kebutuhan anak dan keterbatasan orangtua.

Berdasarkan pemahaman tersebut di atas, proposal “PERPISAHAN Kelas IX MTS RABIAH AL-ADAWIYAH Tahun 2014” ini, hadir di tangan Bapak/Ibu, Sdr(i), semoga dapat menggugah.


Contoh Proposal Perpisahan Sekolah

Nama Kegiatan

“PERPISAHAN KELAS IX MTS RABIAH AL-ADAWIYAH TAHUN 2014”

Tema Kegiatan

“PERPISAHAN, AJANG SALING MEMAAFKAN, INDAHNYA KEBERSAMAAN MENUJU PRIBADI MANDIRI, DEWASA DAN BERTAQWA”

Maksud dan tujuan.

1. Mempererat silaturrahmi antar warga MTs Rabiah al-Adawiyah
2. Memberikan pengalaman psikologis formal terakhir kepada siswa kelas IX dalam pembentukan karakter yang mandiri, dewasa dan bertakwa
3. Pengenalan sekaligus pengayaan potensi wisata dan ekonomi lingkungan sekitar

Peserta

Peserta kegiatan adalah 30 siswa dan 20 orang guru dan staf
Waktu dan Tempat Kegiatan
Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, 14-15 Mei 2014

Susunan Panitia

Pembina : Kepala MTs Rabiah al-Adawiyah
Penanggungjawab : Waka. Kesiswaan MTs Rabiah Al-Adawiyah
Ketua Panitia : Imron Rosyadi, S. Ag

Susunan Acara
susunan acara perpisahan

Acara Pendukung :

1. Rapid Rural Survey : Melihat Potensi Wisata dan Ekonomi Pulau Tidung
2. Shooting Video Blog MTs Rabiah Al-Adawiyah

Anggaran Biaya

1. Anggaran biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut ;

anggaran perpisahan sekolah

2. Setiap siswa dibebankan Rp.300.000,- (tigaratus ribu rupiah) sehingga total anggaran dari siswa jika melunasi adalah Rp. 8.100.000,- (delapan juta seratusribu rupiah).
3. Anggaran perpisahan dari kas Mts Rabiah Al-Adawiyah sebesar Rp. 1.000.000,- (satujuta rupiah)

Berdasarkan uraian tersebut diatas maka kekurangan anggaran dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

Kebutuhan      Rp. 14.950.000,-
Iuran siswa     Rp. 8.100.000,-
Kas MTs         Rp. 1.000.000,- 

               Total kekurangan Rp. 5.850.000,- (Lima Juta Delapanratus Limapuluhribu Rupiah)

Penutup

Demikian proposal ini dibuat. Semoga dapat menggugah, atas perhatian dan dukungannya terhatur terimakasih tak terhingga.


A mom of "Triple-A", enthusiastic for sharing knowledge, feeling, and a passion to create in the Dark Side Office

Post a Comment

Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik, komentar yang disertai link akan dihapus.Terimakasih
Post a Comment
© Fatshaf Moonlight. All rights reserved. Developed by Jago Desain